13 Langkah Memaksimalkan Kembali Potensi Diri

Terjatuh dan bangkit adalah warna yang melengkapi wajah kehidupan setiap kita. Terlepas sedalam atau sedangkal apa keterpurukan itu, setiap kita setidaknya pernah merasakan pahit, gagal atau terjengkang dari arena kompetisi hidup yang keras ini. Ada kalanya kita berada diatas, ada kalanya pula kita terlempar ke bawah.

Tidak ada kemapanan yang permanen; terus-menerus berada di puncak. Hidup ini berada di antara dua keadaan itu. Terserah Sang Pemilik Kehidupan, di mana dan seperti apa kita akan ditempatkan hari ini atau hari esok.

Jangan berlama-lama dalam situasi ini. Segera temukan energi untuk bangkit, untuk menata kembali benang-benang hidup yang telah kusut, memperbaiki diri, memperbaharui dan membangun kembali hidup kita. Memang tidak mudah memperbaiki sesuatu yang telah rusak, merekat kembali yang telah pecah, mengarahkan diri dari kelalaian kepada jalan ketakwaan, dari kemalasan menjadi semangat. Semuanya itu butuh tekad yang sungguh-sungguh, serta butuh kemauan dan kesabaran tingkat tinggi.

Tidak ada alasan untuk berhenti dan kembali meraih mimpi. Karena setiap orang berhak berprestasi, berkarya dalam hidup. Betapa banyak kita lihat dan kita baca dari kisah-kisah orang-orang yang terlahir dengan ketidaksempurnaan fisik, tapi mampu mencapai sukses. Betapa banyak orang-orang yang terlahir dari keluarga yang miskin, namun hal ini tidak menghalangi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, mampu bersaing dengan anak-anak orang kaya dalam mendapatkan perguruan tinggi terbaik. Jangan sampai kekurangan dan keterbatasan yang ada pada diri kita menghambat, menghalangi langkah kita dalam bercita-cita, berprestasi, dan berkarya dalam hidup.

Di kala terpuruk, ketika ujian melanda, cobaan hidup yang semakin berat, kegagalan dalam hidup, kerugian dalam dunia bisnis, gagal dalam membina sebuah rumah tangga, gagal dalam mencapai sebuah prestasi, gagal dalam perkuliahan dan studi, dan banyak lagi bentuk kegagalan lainya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Selayaknyalah kita segera bangkit dari segala keterpurukan. Bangkit kembali menata ulang hidup.

Memang setiap proses kebangkitan memerlukan energi dan daya tahan kita untuk melakukannya. Segera temukan energi untuk bangkit, energi itu bisa kita temukan melalui kisah-kisah orang yang pernah jatuh dan kembali bangkit. Bisa kita temukan dalam nasihat tulus kawan dan saudara, bisa kita temukan dengan membaca buku-buku yang dapat membangkitkan motivasi kita.

Kita tentu mengenal PLTA, Pembangkit Listrik Tenaga Air, pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Konon, Indonesia mempunyai potensi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 70.000 mega watt (MW). Namun sayangnya baru dimanfaatkan sekitar 6 persen.

Jika air saja mampu menjadi potensi pembangkit listrik, sebagai manusia kita juga memiliki potensi yang luar biasa besar dan dahsyat!

Setiap orang yang dilahirkan ke dunia pastilah memiliki potensi diri mereka masing-masing. Namun sayangnya, jarang yang menyadari hal tersebut dan bahkan banyak orang mendiamkan potensi yang dimilikinya.

Potensi adalah daya, kekuatan, kemampuan dan kesanggupan manusia yang telah dianugerahkan sejak kita dilahirkan. Potensi ini sendiri ibarat harta-karun yang terpendam, yang tersimpan sangat dekat dengan diri kita. Bahkan dia menempel dalam diri kita sendiri, karena sang harta karun itu berada dalam hati nurani dan pikiran kita masing masing.

Mungkin Anda pernah mendengar ada seseorang yang mampu meloncat dari ketinggian di lantai 3 saat dia terjebak dalam kebakaran. Padahal orang tersebut badannya kecil malah bisa dibilang ringkih. Lalu kekuatan apa yang sebenarya ada pada diri dia? Memang dia punya ilmu kok bisa loncat dari ketinggian? Kok berani?

Bukaan! Sebenarnya saat itu dia tengah membangunkan sang macan tidur dalam dirinya, harta karun yang tersimpan dengan manis, dia jemput untuk mendorong dan mengangkat dirinya.

Tetapi apakah sumber potensi yang tersimpan ini hanya bisa muncul jika dalam keadaan kepepet alias terpaksa? Sebenarnya tidak. Jika saja kita mau mengenali, membangunkan, melatih dan mengasahnya. Semakin sering kita mengasahnya semakin kuat dia muncul dalam bentuk kepercayaan diri.

Bagaimana Anda keluar dari pola-pikir yang sempit dan mulai berpikir dengan paradigma yang baru? Berikut ini 13 langkah yang harus kita lakukan untuk mencapai kembali potensi hidup yang maksimal:

1. Pilihlah untuk berbahagia. Kita tidak harus menunggu semua persoalan terselesaikan untuk bahagia. Kita tidak harus menunda kebahagiaan sampai kita kembali mendapatkan apa yang pernah kita miliki, karena BAHAGIA ada dalam pikiran kita, dan TUHAN ingin kita berbahagia apa pun kondisi kita. Bahagialah sekarang juga, buat perubahan dalam diri.

2. Lepaskan masa lalumu .Anda mungkin saja sudah kehilangan segalanya yang mungkin tidak patut untuk dialami. Namun membawa beban masa lalu hanya akan memberatkan langkah kita untuk maju. Jadikan kejatuhan atau bahkan keterpurukan sebagai alasan untuk mulai melangkah. Bertindaklah!

3.Temukan kekuatan dalam diri. Katakan pada diri sendiri, “Saya boleh saja jatuh beberapa kali dalam hidup ini, tapi saya tidak akan terus tinggal di bawah sana”. Kita semua menghadapi tantangan dalam hidup ini, kita semua pasti pernah mengalami hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Kita boleh saja dijatuhkan dari luar, namun kunci menang dalam hidup adalah belajar bagaimana untuk bangkit lagi dari dalam!

4.Temukan kekuatan di balik pikiran dan perkataan kita. Pintu menuju bahagia dan sukses adalah pikiran kita sendiri. Pikiran menentukan perilaku, sikap dan gambar diri kita.

5.Gambarkanlah impian atau cita-cita Anda secara mendetail. Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan, orang orang yang telah meraih kesuksesan, jauh sebelum itu mereka telah memiliki impian yang jelas terhadap apa yang ingin mereka raih. Milikilah impian yang jelas dan visualisasikan hal tersebut dengan media yang nyata. Seperti menuliskannya dalam sebuah buku yang disertai dengan gambar-gambar detail beserta target waktu yang diperlukan dalam usaha meraih hal tersebut. TULISKAN SELALU IMPIANMU, cita-citamu, keinginan agungmu, harapan-harapanmu. Jangan biarkan ia hanya ada dalam fikiranmu, catatkan ia dalam lembaran-lembaran buku catatan harianmu.

6.Perluaslah wawasan Anda. Setelah Anda mempunyai gambaran yang jelas terhadap hal yang menjadi impian Anda, janganlah berhenti sampai pada tahap seorang pemimpi saja. Tiada kesuksesan tanpa perjuangan, tiada orang yang menjadi pintar tanpa belajar. Orang-orang yang ingin berhasil haruslah berani untuk belajar, mencoba sesuatu hal yang baru untuk mengembangkan wawasannya. Karena dengan wawasan tersebut ia dapat menjadi orang yang berguna bagi masyarakat banyak.

7.Kembangkanlah pikiran positif dalam diri Anda secara terus-menerus. Setelah Anda melakukan tindakan nyata dalam pengembangan diri Anda, yaitu dengan memperluas wawasan dan pengetahuan Anda. Maka langkah berikutnya adalah berpikir positif. Yakinlah bahwa apa yang telah Anda lakukan itu merupakan suatu proses yang benar untuk membawa Anda menuju kepada kesuksesan yang Anda impikan. Lakukan hal ini dengan merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda dalam kesendirian, lalu diikuti dengan mengucapkan kata-kata positif, hal ini terutama dilakukan di pagi dan malam hari menjelang tidur.

8.Lakukanlah tindakan nyata yang mendekatkan Anda pada impian. Tidak ada satu teori pun yang dapat dibandingkan dengan tindakan nyata yang Anda lakukan. Jadi lakukanlah tindakan-tindakan sekecil apapun yang mendekatkan diri pada impian Anda.

9.Bayangkanlah apa yang Anda lakukan ketika Anda berhasil meraih impian! Teknik membayangkan ini juga merupakan bagian penting. Sebab hal itu akan menentukan tingkat kepercayaan diri Anda dalam bertindak. Fakta menunjukan bahwa Anda tidak akan pernah melesat lebih tinggi dari apa yang Anda bayangkan mengenai diri Anda sendiri. Jika membayangkan saja Anda tidak berani, bagaimana Anda dapat merealisasikan hal itu menjadi kenyataan? Bayangkanlah di dalam benak Anda, dalam percakapan Anda, dalam perbuatan Anda, dan semua indera yang Anda punyai dan resapilah sampai ke pikiran alam bawah sadar Anda.

10.Bertemanlah dengan orang-orang positif. Seperti kata pepatah lama, jika ingin berhasil maka belajarlah dengan yang sudah berhasil. Jika ingin memaksimalkan potensi diri Anda, maka betemanlah dengan orang-orang yang mempunyai impian dan cita-cita besar seperti itu juga. Pikiran Anda bertindak layaknya antena radio yang menangkap sinyal dengan frekuensi yang Anda pilih sendiri. Semakin dekat pemancarnya, semakin bagus suara yang dihasilkan. Maka pilihlah frekuensi dari orang-orang positif yang berada di dekat Anda.

11.Teruslah bangkit ketika Anda mengalami kegagalan ataupun menemui rintangan. Anda boleh saja terjatuh dan gagal dalam hidup ini, tetapi pastikanlah Anda akan terus bangkit setelah itu. Justru dengan kegagalan Anda dapat belajar tentang banyak hal yang membuat Anda berkembang jauh lebih baik ke depannya nanti. Anda harus berani untuk keluar dari kegagalan masa lalu dan menghadapi hari esok menuju yang lebih cerah.

12.Memberi dengan sukacita. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah godaan untuk mementingkan diri sendiri. Namun terkadang kita lupa dan terjebak dalam perilaku mementingkan diri sendiri. Sesungguhnya kita akan mengalami lebih banyak suka-cita dari yang pernah dibayangkan apabila kita mau berbagi  dan memberi secara tulus pada orang lain.

13.Lakukan semua hal secara ikhlas, sungguh-sungguh, dan penuh suka cita! Keberhasilan merupakan suatu proses yang indah, jadi nikmatilah semua proses yang terjadi. Bukankah setiap hal yang kita lakukan di dunia ini adalah untuk meraih kebahagian ataupun membahagiakan orang-orang yang kita cintai? Jadi merupakan suatu hal yang tidak tepat jika kita malah bersedih, berkeluh-kesah, dan menderita dalam proses kesuksesan yang sedang kita perjuangkan. Hadapilah semuanya dengan senyum dan bersemangatlah. Janganlah Anda menunda kebahagiaan sampai Anda mencapai semua sasaran.

 

Salam sukses Bahagia

Irma Sustika

 

Artikel ini adalah salah satu tulisan yang terdapat dalam buku saya Life For Happiness  yang bisa anda dapatkan di toko toko buku kesayangan anda.

Atau anda ingin mendapatkannya langsung dari saya dengan tambahan coret coretan di halamannya…silahkan pesan langsung ke 02170660830

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *