Banyak Pesaing? Itu tantangan anda

Dalam dunia bisnis yang semakin bersaing dan dinamis seperti sekarang ini, selain diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan manajamen yang baik, masih ada beberapa faktor penting lainnya seperti produk yang menarik pelanggan.

Menciptakan inovasi pada bisnis atau produk mengarahkan anda memimpin persaingan pasar.

Jika anda  tidak dapat menarik konsumen untuk membeli produk anda, maka bisnis anda akan tertinggal oleh pesaing.

Berikut adalah Trik Jitu Untuk Terus Bersaing Dalam Bisnis Yang Semakin Kompetitif

1 Jangan Latahan

Banyak pemula yang memulai bisnis karena ikut ikutan, lagi rame jualan jilbab, semua jualan jilbab, lagi rame jualan gamis semua jualan gamis, pasar sudah padat ciiin…

  1. Ciptakan Produk Yang Berbeda

Ciptakan produk yang unik dan usahakan belum ada atau paling tidak ciptakan perbedaan dengan produk sejenis yang beredar  di pasaran, jika demikian produk anda akan memiliki nilai tambah di mata konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka lebih mengenali produk anda dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

  1. Amati Pasar Dan Kenali Pesaing

Saat menghadapi persaingan, sebelumnya lihatlah dahulu potensi pasar yang ada serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga anda tidak salah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing anda, secara tidak langsung anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen.

Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing anda atau berikan layanan yang tidak disediakan oleh pesaing anda, maka peluang anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.

Siapa pesaing anda saat ini

Apa kelebihan pesaing anda?

Apa kelemahan pesaing anda?

Apa kekuatan bisnis/produk anda?

Apa kelemahan bisnis/produk anda?

Apa yang sudah dilakukan pesaing anda?

Apa yang belum dilakukan pesaing anda?

Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi pesaing anda?

  1. Harga pesaing lebih Murah

Apakah harga anda sudah bersaing dengan produk sejenis? Memberikan harga yang bersaing bukan berarti anda harus banting bantingan harga, anda dapat memberikan nilai tambah pada produk anda.

 

Kenali kekuatan produk anda dan kenali pesaing anda

Tulisan ini diambil dari isi buku ke 2 saya ” Langkah jitu jadi womanpreneur sukses ”  buku yang merupakan panduan bagi sahabat perempuan merintis dan mengembangkan bisnis

Tertarik belajar bisnis?  pesan di 081513075085

 

Salam

 

Irma Sustika

 

 

 

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *