Kejutkan Pelanggan Anda

Saat ini banyak usaha, baik kecil apalagi besar, yang kerap melupakan arti penting pelanggan mereka. Usaha besar beralasan ukuran usaha yang besar menjauhkan mereka sebagai pemilik, dengan pelanggan. Sementara usaha kecil menjadikan tingkat keuntungan yang sedikit menjadi alasan mereka tidak lagi memperhatikan pelanggan.

Padahal, apapun usahanya, pelanggan merupakan hal yang paling utama untuk dilayani dan dijaga kepuasannya. Apalagi di jaman seperti sekarang ini, di mana usaha tumbuh berkembang di mana-mana, dan pelanggan semakin diperebutkan. Akibat lain adalah terjadinya perang harga untuk usaha sejenis, yang berakibat mereka yang bermodal lemah akan kalah bersaing.

Tapi, kalau Anda termasuk mereka yang bermodal lemah dan memiliki rival usaha bermodal kuat, teknik mengejutkan para pelanggan bisa jadi cara yang ampuh meredam keunggulan lawan tersebut. Simak saja cara berikut ini.

Personalisasi. Membuat pelanggan merasa penting merupakan salah satu kejutan yang dapat Anda berikan kepada mereka. Caranya, dengan mempersonalisasi pelayanan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyapa nama pelanggan, dan tahu kebutuhan rutin mereka. Misalnya, bila Anda pemilik toko sepatu, akan sangat berarti bagi pelanggan bila Anda melayani dengan menyebut nama, dan tahu ukuran serta selera model sepatu mereka. Untuk itu, sejak awal pelanggan masuk Anda dan staf harus sudah membangun sikap bersahabat tanpa terlihat memaksa mereka untuk membeli. Lakukan dengan tulus, karena pelanggan bisa membedakan, kok, mana yang tulus dan tidak. Kalaupun mereka tidak membeli hari itu, bisa jadi mereka merekomendasikan ke orang lain.

Hadiah. Memberi hadiah tentu juga salah satu cara mengejutkan pelanggan. Mungkin Anda akan pesimis dengan hadiah ini, karena rival Anda yang kuat modal pasti dapat memberikan hadiah yang lebih mahal. Tapi harap diingat, hadiah mahal tak selalu hadiah yang bagus. Untuk itu Anda sebetulnya dapat memberi pelanggan hadiah yang Anda buat sendiri berdasarkan kreatifitas yang dimiliki. Cari ide hadiah yang menarik dan mudah dibuat lewat internet, lalu segera kerjakan. Misalnya, pensil yang Anda bungkus dengan benang wol, lalu diberi permen di ujungnya, atau tempat pensil dari botol air mineral yang sudah dihias. Bonusnya, kalau pelanggan tertarik dengan hadiah Anda, maka Anda dapat menjualnya dalam partai besar untuk isi goodie bag ulang tahun anak mereka.

Penghargaan. 
Berapa keuntungan dari tiap produk yang Anda jual? 40 persen? 60 persen? Dapatkah Anda memberikan hadiah kepada pelanggan setia Anda dengan mengurangi sedikit keuntungan? Toh kriteria ‘pelanggan setia’ dapat Anda tentukan sendiri, dari mulai pelanggan yang berbelanja lebih dari sejumlah rupiah tertentu, atau jumlah barang, atau mereka yang dalam sebulan lebih dari 10 kali berbelanja di toko. Atau bila si pelanggan setia ini membawa teman, dan temannya juga berbelanja, maka diskon yang diberikan kepada pelanggan setia juga berlaku untuk temannya tersebu

Membangun hubungan jangka panjang dengan customer, itu kunci keberlangsungan bisnis.

 

Salam

Irma Sustika

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *