Membangun Personal Branding ( 1 )

Membangun Personal Branding –Personal brand menjadi kalimat sakti dalam kurun waktu belakangan ini, apa pentingnya personal brand bagi pengembangan diri,bisnis dan karir? Lalu apa sebenarnya personal brand ? Setiap individu perlu melakukan upaya membangun personal brand mereka untuk dapat membangun reputasi diri dan menunjukkan kepada publik kemampuan dan kekuatan diri.

personal-branding

Apa itu Personal Brand?

Personal branding adalah strategi penting untuk mengendalikan langkah menuju sukses di setiap bidang yang ditekuni.

Personal branding adalah proses untuk masuk pasar untuk menjual diri Anda sebagai brand dalam rangka meraih kesuksesan.

Personal branding merupakan proses yang harus dilakukan secara terus menerus sehingga dapat menciptakan masterpiece yang manfaatnya dapat dirasakan makhluk yang ada di dunia ini.

personal branding adalah merupakan identitas personal yang dapat menimbulkan persepsi dalam benak audiensi, yaitu mengenai nilai dan kualitas yang disandang oleh pemilik nama tersebut.

Lalu mengapa seseorang membutuhkan personal branding?

Ada 3 hal utama kenapa Anda butuh membangun personal branding

1. Anda membutuhkan kepercaan dari orang

Setiap orang butuh kepercayaan dari orang lain. tanpa kepercayaan, tidak akan ada orang lain yang peduli dengan Anda. Tidak akan ada orang lain yang mau mendengarkan Anda. Dan tidak ada orang lain mau menggunakan jasa Anda

Bukankah orang itu menilai diri kita karena pengalaman dan keterampilan yang kita miliki. Lantas bagaimana mereka tahu bahwa Anda memiliki itu semua. Jika Anda tidak memiliki branding yang baik dalam bidang yang Anda tekuni.

Anda bisa saja mengatakan bahwa anda ahli dalam hal hal tertentu , Tapi permasalahnya , siapa yang percaya kalau Anda ahli, jika Anda tidak punya bukti nyata untuk membuktikannya. Karena itulah sangat penting bagi Anda untuk membangun personal branding untuk bidang yang Anda tekuni. Harapannya orang akan percaya kepada Anda. Jika sudah ada kepercayaan, maka langkah Anda untuk menjual diri Anda dan keahlian Anda akan lebih mudah.

2. Anda membutuhkan pengakuan dari orang lain

Selain kepercayaan dari orang lain Anda juga butuh pengakuan. Anda butuh diakui eksistensinya dibidang  yang Anda kerjakan. Percaya saja tidak cukup, jika tidak ada pengakuan.

Jika Anda memiliki brand yang bagus orang bukan hanya percaya pada Anda tapi juga mengakui eksistensi Anda. Dengan begitu orang akan lebih respek dengan diri Anda. Kalau respek sudah Anda dapat, maka peluang Anda untuk menjual diri Anda kepada orang lain, juga akan semakin mudah.

3. Anda membutuhkan orang lain untuk menggunakan jasa atau produk yang Anda jual

Jika Anda menjual diri Anda, keterampilan atau jasa Anda,  maka hal yang Anda harapkan pastilah orang lain mau menggunakan jasa Anda. Dan biasanya masyarakat di luar sana hanya mau menggunakan jasa kita jika brand yang kita miliki kuat.

Untuk itulah jika Anda ingin semakin ingin dikenal banyak orang di bidang yang Anda tekuni. Bangun personal branding Anda. Karena jika tidak Anda akan semakin tertinggal dengan kompetitor Anda yang terus menerus membangun personal brandnya…lalu bagaimana caranya kita membangun personal brand? sahabat bisa baca lanjutannya disini ya Membangun personal brand 2

Salam

Irma Sustika

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *