Membangun Personal Branding ( 3 )

images (2)Haai hai hai…kita ketemu lagi yaa..di eepisode personal branding…nah setelah pada 2 tulisan yang lalu saya mengupas mengenai apa itu personal branding, mengapa kita membutuhkan personal branding dan faktor yang mempengaruhi personal branding, naah sampai deh ditahap Bagaimana cara membangun personal branding tersebut?

Sekarang tiba saatnya saya menunjukkan bagaimana caranya membangun personal branding Anda. Jika Anda sudah memilih ingin dikenal orang sebagai apa, Anda sudah memiliki integritas dan juga sudah memiliki keahlian yang memadai. Selanjutnya Anda harus mengiklankan diri Anda, supaya semakin banyak orang mengenal Anda.

Ada 3 cara yang efektif untuk membangun personal branding Anda dengan baik. Apa saja cara tersebut silahkan simak penjelasan berikut ini:

1.      Membuat sebuah blog /website

Mungkin Anda bertanya, mengapa blog? Alasannya sangat sederhana, dengan membuat blog maka kemungkinan Anda dikenal orang jauh lebih mudah. Mengingat saat ini pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini jelas sebuah peluang besar bagi Anda yang ingin memanfaatkan internet untuk membangun personal branding.

Saya memulai menulis blog irmasustika sejak tahun 2005, saat sudah mulai siap siap ingin melepaskan diri sebagai karyawan dan mulai berkarya dengan brand saya sendiri sebagai seorang trainer sales.

Maka mulailah saya menulis tentang sales, profesi sales, sukses menjual dan apapun yang terkait dengan tips sukses menjadi seorang sales.

Alhasil, sebagai seorang trainer yang baru melangkah di bulan Juni 2006, berselang 4 bulan kemudian, sebuah perusahaan besar di batam mengundang saya untuk memberikan training di grup perusahaan tersebut …wooow….inilah prestasi pertama saya membangun personal brand sebagai seorang trainer

Naah dengan  membuat blog Anda bisa menulis apa saja yang sesuai dengan keahlian Anda dan akan anda tunjukkan kepada orang lain. Semakin rajin Anda menulis, maka semakin cepat pula Anda terindeks dan mendapatkan peringkat di mesin pencari. Hal ini memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Namun saran saya, jika Anda ingin membuat blog buatlah blog yang tujuan Anda memang untuk mengenalkan diri Anda sesuai dengan branding yang ingin Anda bangun.

Contoh, jika Anda ahli design, maka buatlah blog tentang design. Jika Anda ahli kesehatan maka buatlah blog tentang kesehatan. Selain itu perhatikan juga konten atas artikel yang Anda buat, karena tujuan Anda untuk membangun personal branding, maka konten harus berkualitas.

2.      Bergabung dengan orang yang personal brandnya kuat

Jika Anda benar-benar ingin cepat personal brandnya kuat maka saran saya yang satu ini bisa Anda coba. Silahkan Anda pikirkan siapa kira-kira orang yang bergelut dibidang yang sama dengan Anda, namun sudah memiliki branding yang kuat. Kemudian catat dan cari tahu bagaimana caranya Anda bisa menghubungi mereka. Jika sudah Anda temukan, silahkan Anda hubungi mereka,  katakan bahwa Anda sangat respek dengan apa yang mereka lakukan. Setelah itu Anda katakan pada mereka bahwa Anda punya cara lain untuk mengembangkan apa yang mereka lakukan menjadi lebih baik lagi.

3.      Membuat Buku

Tidak bisa dipungkiri bahwa buku sampai saat ini bisa membantu seseorang dalam membangun personal branding. Anda bisa perhatikan betapa banyak trainer dan motivator bermunculan lantaran mereka menulis sebuah buku. Ini membuktikan buku bisa menjadi saran yang baik untuk membangun personal branding.

Naah sebagai sarana berbagi saya kepada semua sahabat, pada tahun 2011 lahirlah buku pertama saya LIFE FOR HAPPINESS, yang sebagian besar tulisan tersebut adalah hasil isi blog saya yang kahirnya dilirik oleh penerbit untuk diterbitkan menjadi buku….asiiik dari blog menjadi buku,,

4.Bergabung dan aktif dalam komunitas

Komunitas adalah wadah berkumpulnya orang orang yang memliki minat yang sama,bergabunglahlah dengan komunitas sesuai minat anda, aktif dan sering seringlah berbagi ilmu yang anda miliki. Asah terus keahlian anda. Semakin sering anda berbagi tips semakin banyak orang akan mengenal keahlian anda.

Jika anda wanita atau penyayang wanita anda bisa bergabung pada komunitas yang saya bangun sejak tahun 2010 ini, Womanpreneur Community 

Apa yang sudah saya paparkan kepada Anda bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan instan. Semua butuh proses, personal branding pun butuh proses. Tapi dengan mengetahui cara-cara yang efektif itu memungkinkan Anda membangun personal branding lebih cepat di banding mereka yang tidak mengetahuinya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana dunia akan mengenang nama anda ? 

Karena James Watt, dunia mengenal mesin uap.

Karena Nicolaus Otto, dunia mengenal mesin 4 tak.

Karena Rudolf Diesel, dunia mengenal mesin diesel.

Karena Johannes Guttenberg, dunia mengenal mesin cetak.

Karena Christopher Sholes, dunia mengenal mesin ketik.

Karena C. Marconi, dunia mengenal radio.

Karena J.L. Baird & C.F. Jenkins, dunia mengenal televisi.

Karena Samuel F.B. Morse, dunia mengenal telegram.

Karena Alexander Graham Bell, dunia mengenal telepon.

Karena Thomas Alva Edison, dunia mengenal bola lampu.

Karena Mark Zuckeberg, dunia mengenal Facebook.

Karena ada Colonel Sanders, dunia mengenal KFC.

Karena ada Wiliam Soerjadjaja, dunia mengenal Astra.

Karena Jonathan L Parapak, dunia mengenal Indosat.

Karena Puerdi Chandra, kita mengenal Primagama.

Karena Ary Ginanjar Agustian, kita mengenal ESQ Way 165.

Karena AA Gym, kita mengenal Manajemen Qalbu.

Karena Dale Carnegi, dunia mengenal How to Win Friend.

Karena Stephen Covey, dunia mengenal Seven Habits.

Karena Daniel Goleman, dunia mengenal Kecerdasan Emosional.

Karena Anda, dunia mengenal apa??

Apa yang sudah kita lakukan dalam mengisi kehidupan ini?

Pertanyaannya adalah, bukan apa yang sudah kita dapatkan. Namun apa yang sudah kita berikan pada sekeliling kita?

Buatlah sesuatu yang memberikan manfaat bagi orang banyak. Buatlah karya sebagai sebuah kebaikan, prestasi, dan hal terbaik yang terus diingat dan memberikan banyak manfaat bagi sekeliling kita.

Bagaimana menghasilkannya?

Itulah tantangan buat Anda!

 

Salam

 

Irma Sustika

 

 

Bagaimana menurut Anda?

 

Apakah Anda punya cara lain untuk membangun personal branding?

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *