Pengembangan Diri & Public Relation

Dimanapun kita berkiprah, baik dalam dunia kerja maupun bisnis, bukan hanya  kemampuan bekerja yang dibutuhkan untuk menapak tangga karier ataupun bisnis yang kita jalankan , tetapi juga kemampuan “menjual diri”, bagaimana PR dapat berperan ? Bagaimana PR dapat membantu memberdayakan setiap langkah kita  untuk kehidupan sehari-hari?

Plan our life. Plan our story. Plan your impact

Kita sudah tahu bahwa hidup harus direncanakan. Rencana keuangan, rencana karier rencana bisnis dan rencana keluarga /family planning. Menurut saya, kita perlu merencanakan story kita dengan memikirkan seperti apa kita ingin dilihat dan diingat orang lain melalui impact yang kita hasilkan dari karya kita.

PR, bukan pencitraan

PR dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari, dimanapun kita berada, bagaimana kita berhubungan dengan beragam pihak untuk kepentingan pekerjaan,bisnis  dan kariernya dan membangun brand dirinya. PR dan branding bukan pencitraan. PR dan branding memproyeksikan value (nilai) yang terlihat dari apa saja yang dikerjakan seseorang dan mengomunikasikannya.

Meaningful and Impactful

Jika advertising dihubungkan dengan iklan di media cetak atau elektronik, fokus PR adalah pada message yang kuat dan disampaikan melalui beragam medium. Bahkan meeting sederhana sekalipun misalnya pidato singkat di depan audiens yang sekitar lima orang dapat menjadi medium PR. Meskipun jumlah pendengar kecil, jika message begitu kuat (meaningful) termasuk ada impact yang kuat sehingga menciptakan story yang kuat, dapat menciptakan word of mouth.

 

Langkah-langkah PR sederhana

1)      5W 1H – selalu ingat bahwa unsur siapa, apa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana, harus menjadi bagian dari PR story kita

2)      Untuk menciptakan message dan story yang kuat, pikirkan impact dari karya kita – sehingga bisa berdampak positif baik bagi orang lain dan sedcara otomatis menciptakan word of mouth

Salam

Irma Sustika

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *