Persiapkan langkah Pengembangan Usaha Anda

Terkadang seseorang dibingungkan tentang langkah awal  buka bisnis rumahan sendiri. Sudah banyak peluang usaha maupun ide model usaha. Namun dengan modal dan spekulasi saja tentunya masih sangat kurang. Sudah banyak cotoh juga yang berspekulasi namun hasilnya bisa sukses.

Oleh karena itu Jika usaha itu direncanakan sampai matang alangkah lebih mudah dalam anda menjalankan usaha bisnis anda. Kami akan mencoba mengulas lebih dalam tentang bagaimana langkah yang efektif untuk menangkap peluang-peluang bisnis tersebut. Lalu apa saja langkah-langkah tersebut???? Berikut ulasannya.

1. Menentukan Ide Usaha

Sebuah hal yang sangat prinsip dan krusial adalah menentukan Ide Usaha anda. Membuka suatu bisnis tanpa ada ide tentulah sangat kecil kemungkinan berjalan dengan lancar. Maka dari itu suatu Ide usaha sangat berperan penting dalam perjalanan bisnis anda nantinya. Langkah  apa yang tepat untuk menentukan ide?? Sebelum itu mari kita bahas tentang ide Usaha. Ide Usaha merupakan suatu prinsip utama yaitu anda harus bisa mengetahui idea apa yang ada dibenak anda. Contoh saja untuk menentukan Ide Usaha tentang kegemaran seseorang atau kesenangan. Seseorang yang mempunya hobi ataupun kesenangan tentang kuliner. Maka alangkah baiknya ide usahanya mengenai masalah kuliner dengan membuka rumah makan.Ide membuka rumah makan tersebut lebih baik dibandingkan dengan seseorang tersebut membuka bisnis yang lain. bukan hal yang mustahil  pula membuka usaha selain kegemaran dan kesenangan akan sukses kedepannya. Disisi lain keuntungan yang didapat menentukan Ide yaitu dalam anda menjalankan usaha nantinya akan terasa nyaman dan dengan senang hati.karena bidang tersebut juga merupakan kesenangan anda sendiri.
2.     Membuat Perencanaan Usaha Anda

Langkah awal untuk buka bisnis rumahan yang kedua yaitu membuat perencanaan. Dimana usaha bisnis yang sudah direncanakan akan memudahkan anda dalam menjalankannnya, karena kita sudah tau langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan. Seperti menentukan modal kerja , SDM , Pemasaran, dan lain sebagainya. Dalam ilmu ekonomi suatu perencannaan tergolong hal pokok. Jadi tidak boleh tidak. Nah Lho…!!! Terus ? Berarti Wajib ? Iya.  Karena Supaya hasil usaha anda nantinya akan maksimal. keuntungan lain yaitu meminimalisir ancaman masalah yang akan ditimbulkan. berikut keuntungan menentukan perencanaan dalam awal membuka sebuah bisnis. Keuntungan yang pertama Arah dan Tujuan bisnis anda akan dapat anda tentukan. Mau dibawa sampai mana sudah bisa anda ketahui dari awal. Penentuan modal kerja sangat dominan karena dengan modal yang mungkin minimalis anda dapat menekan bagian-bagian biaya-biaya lain. Sehingga kestabilan usaha nantinya akan tetap terjaga. Semua itu dibutuhkan dengan sebuah perencanaan bisnis ( Business Plan ).

3.     Survei Bisnis

Setelah anda menentukan Ide dan Perencanaan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan Survei. Kebiasaan seseorang dalam memulai usaha yaitu mempertimbangkan jenis usaha yang akan dijalankan. Dimana dengan melakukan survey anda dapat memperbandingkan  factor-faktor yang nantinya dibutuhkan atau yang dapat mempengaruhi usaha anda. Bisa digambarkan survey pangsa pangsa pasar.  Anda dapat mengenalisa Para pesaing nantinya , Produk apa saja yang dapat bersaing , Jenis Usaha apa yang masih berpeluang dan juga Lokasi yang memungkinkan untuk bersaing. Selain itu dengan survey anda bisa mengetahui bagaimana cara memasarkan jenis usaha anda. Karena dengan memaksimalkan kegiatan pemasaran produk atau jenis usaha anda akan lebih dikenal dimasyarakat. Dengan banyak pola persaingan diatas anda bisa menutupnya dengan cara pemasaran yang baik dan maksimal pula. Dan anda juga harus tau Target pasar konsumen anda nantinya, karena hal ini sangat penting. Agar anda tidak salah pasar dikemudian hari.

4.     Persiapkan dengan matang

Kenapa harus anda persiapkan dengan matang ??? tentu akan menambah keyakinan anda untuk memulai usaha. Persiapankan dengan matang mulai dari pekerjaan paling mendasaar seperti mengurus perijinan , dari perijinan perijinan pengelolaan limbah , perijnan lokasi usaha, dan persiapan penghitungan anggaran , sampai ke perencanaan perekrutan Tenaga Kerja sesuai dengan bidangnya dan masih banyak persiapan lainnya. Semua itu harus dikerjakan dengan baik dan semaksimal mungkin. Strategi apa yang akan dilaksanakan nantinya, Pola pemasaran  beberapa hal pendukung yang penting. Dan masih banyak contoh persiapan lain. Dengan Persiapan yang matang akan sangat memudahkan dalam menjalankan suatu bisnis usaha. Maka dari itu persiapkan secara matang usaha anda.

5.     “ Jalankan !!!” Memulai Buka Usaha

Beberapa orang terkadang gagal memulai usaha karena hanya berhenti pada poin “ persiapan “ diatas. Karena semua akan bisa anda lihat hasilnya jika anda segera menjalankan usaha anda. Dengan niat baik dan tulus ikhlas disertai dengan usaha yang maksimal niscaya menjadi bekal awal anda memulai usaha. Saat-saat awal membuka usaha biasanya adalah saat saat yang paling berat , yang mana anda baru memulai pada posisis “ 0 “ pelanggan dan nantinya sedikit demi sedikit pelanggan anda bertambah. Saat itulah strategi pemasaran sangan-sangat dibutuhkan.  Maksimalkan strategi pemasaran dan selalu meberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan niscaya anda akan menuai hasilnya kelak dikemudian hari. Semoga suksess…

Beberapa Langkah diatas dapat anda anda jadikan referensi pertimbangan sebelum membuka usaha.

Bagi sahabat wanita yang ingin memulai usaha atau yang ingin mengembangkan usaha yang terasa stagnan hingga saat ini, kesempatan untuk mengikuti program bimbingan dan pendampingan pengembangan usaha selama 4 bulan

Silahkan kunjungi  www.iwpc.womanpreneur-community.com

Mulailah melangkah, Ambil manfaatnya  ……. Teruslah berusaha dan tetap semangat…..

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *