Setiap Kita Sebagai PR untuk Indonesia

Terkadang kita lupa bahwa, warga negara juga memiliki fungsi Public Relations atas negara kita. Bukan hanya PR untuk leisure, tetapi juga PR untuk bisnis.

Kita menghadirkan “gambar” tentang Indonesia

Kita semua merupakan brand ambassador dari negara kita. Sering sekali, pengalaman bertemu dan berbicara dengan beberapa orang dari sebuah warga seolah mewakili karakter umum dari warga sebuah negara. Misalnya, mungkin kita pernah mengatakan: “Saya pernah bekerja sama dengan warga negara A dan mereka pekerja keras serta tidak mudah menyerah.”

Dengan demikian, secara sederhana, kita dapat ikut menghadirkan gambar tentang Indonesia melalui word-of-mouth dari kegiatan sehari-hari.

Kalangan bisnis sebagai brand ambassador

Selama ini pesan yang sering terdengar masyarakat Indonesia yang ramah, bagaimana dengan berbisnis di Indonesia? Berbisnis tentu berdasarkan kepada kepercayaan dan kompetensi dan bagaimana kita bisa merefleksikannya sehari-hari?

Karena word-of-mouth berperan penting dalam bisnis, delivery of experience (yang menghasilkan word of mouth] menjadi penting dalam peran kalangan bisnis dan profesional sebagai brand ambassador.

Apa yang dapat kita lakukan di era digital?

Jika dari diri kita sendiri sadar akan fungsi PR kita dan ingin melihat kita sebagai bangsa yang kompeten, selain membangun industri dan membuat brand agar kreativitas bisnis masyarakat dapat terlihat, yang perlu dilakukan juga adalah memproyeksikan bahwa kita memiliki masyarakat yang andal.

Memproyeksikan dan menyebarluaskan info tentang keberhasilan anak bangsa dalam pentas kompetisi atau dunia kerja global dan digital platform merupakan salah satu cara untuk menyebarluaskan hal ini.

Selain itu, tentu kita juga dapat memPRkan Indonesia melalui pariwisata, kuliner, produk kerajinan maupun souvenir diberbagai kota yang kita temui

Mengapa perlu menggambarkan bangsa yang kompeten?

Jika kita diproyeksikan sebagai bangsa yang kompeten, yang mendapat manfaat adalah kita juga. Dengan terbukanya pasar ASEAN termasuk lapangan pekerjaan, talent Indonesia mendapat kesempatan yang baik karena opini dan reputasi yang positif tentang cara masyarakatnya berbisnis dan bekerja telah terbentuk. Selain itu, bukan hanya mempromosikan kompetensi, tetapi juga keindahan para blogger.

Jadi, yuk sadar PR untuk Indonesia!

Sumber  MArkplus

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *