Siapa Dirimu Sesungguhnya ?

seni-perang-sun-tzuAnda pernah mengetahui tentang perang Sun Tzu ? Dalam seni perang Sun Tzu , jika Anda mengenal diri sendiri dan mengenal siapa musuh anda , maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan hasil dari 100 pertempuran. Begitu pula dalam hidup ini, jika Anda tahu siapa diri Anda dan mengerti situasi/lawan/kompetitor Anda, maka kemenangan pasti ada ditangan Anda.

Prinsip Sun Tzu juga mengatakan “Gunakanlah kekuatan normal untuk bertempur.Gunakanlah kekuatan luar biasa untuk meraih kemenangan” artinya anda akan memperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang anda lakukan.

Dan masih banyak lagi prinsip Sun Tzu yang sangat dapat diterapkan dalam kehidupan kita, akan saya bahas di tulisan lain ya.

Semua orang sukses pasti mengerti siapa diri mereka, Om Bill Gates pernah berkata:

The only thing I understand deeply, because in my teens I was thinking about it, and every year of my life, is software. So I’ll never be hands-on on anything except software.

Mengenal diri Anda sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang juga sulit dilakukan, dan satu-satunya orang yang bisa mengenali diri Anda tentu hanya diri Anda sendiri.

So, let’s back to square one. Ayo merenung sebentar, dan pikirkan kembali siapa diri Anda. Cukup siapkan kertas/catatan dan kosongkan pikiran Anda dari semua hal, kosongkan pikiran dari kesibukan, ilmu, pengalaman, apapun itu, buatlah pikiran Anda kosong seperti tidak mengetahui apa-apa.

Saya seringkali bertanya kepada para peserta training, seminar juga peserta yang mengikuti program coaching saya, benarkah kamu tau diri ? 

Sahabat..cara terbaik untuk menemukan  diri Anda sesungguhnya adalah  dengan bertanya, bertanya adalah trik yang paling ampuh bertanyalah kepada dirimu sendiri bahkan hingga pertanyaan yang paling bodoh sekalipun, karena pertanyaan sebodoh apapun membuat otak kita bekerja, membuat  otak akan selalu mencari jawabannya perlahan-lahan, karena itu mengapa tidak bertanya kepada diri sendiri, dan mengenal diri Anda lebih dalam.

Tidak usah berpikir muluk-muluk, tulis saja apapun yang muncul pertama kali dipikiran Anda saat mendengar pertanyaan dibawah (spontan), tidak ada jawaban yang benar atau salah, jangan menjawab dengan “saya tidak tahu”, jawablah saja apapun itu.

motivasi-mengenal-diri-sendiri

Naaaah coba anda  jawablah 15 pertanyaan berikut:

  1. Apa kelebihan saya?
  2. Apa kekurangan saya?
  3. Apa yang saya suka?
  4. Apa yang saya tidak suka?
  5. Apa yang paling penting bagi hidup saya?
  6. Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?
  7. Apa arti kesuksesan bagi saya?
  8. Apa yang membuat saya bahagia?
  9. Apa yang membuat saya tidak bahagia?
  10. Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan (your hero)?
  11. Saya adalah orang yang …
  12. Saya ingin menjadi orang yang …
  13. Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang ..
  14. Apa yang membuat saya takut?
  15. Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?

Ok saya sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, jadi apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Simpel sekali, lakukanlah apa yang membuat Anda bahagia, gunakan kelebihan Anda sesering mungkin, hindari hal-hal yang membuat Anda tidak bahagia, hindari kelemahan Anda, dan itulah arti dari mengenal diri sendiri.

Tahu apa yang harus Anda lakukan dan mana yang tidak perlu Anda lakukan. Tahu bagaimana menggunakan apa yang telah Anda miliki. Tahu apa yang harus diperjuangkan dan apa yang harus ditinggalkan. Tahu kapan harus berhenti dan terus maju . Dan yang paling penting adalah Anda tahu apa yang ingin Anda raih dalam hidup ini (your purpose).

Oke sahabat, selamat berkomunikasi dengan sang jiwa dan temukanlah diri anda sesungguhnya

 

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *