Tentang Mental Block

Malam2 jadi pengen nulis tentang MENTAL BLOK…apa sih Mental Blok?
Disekeliling kitamasih banyak orang orang  yang hidupnya dipenuhi ketakutan
Takut memulai, takut mencoba, takut rugi takut dicemooh orang lain takut gagal bahkan takut sukses, bahkan bagi yang sudah mulai mencoba menjalankan usaha sekalipun mental block

Banyak orang yang saat dihadapkan dengan kesempatan, mereka menyatakan bahwa mereka memiliki kekurangan, apakah itu kurang waktu, kurang tenaga, kurang modal, kurang ilmu dan kurang-kurang lainnya. Alasan tersebut terus menghalangi mereka untuk mencapai apa yang mereka impikan.

Mental block adalah kondisi mental yang seringkali menjadi faktor penghambat seseorang dalam mencapai cita-cita serta keinginannya yang sebenarnya berasal dari belief atau keyakinan yang membatasi. Singkatnya, limiting belief ini sama dengan mental block dalam istilah yang berbeda. Orang yang sebenarnya punya potensi dan kemampuan untuk melakukan hal besar, seringkali gagal hanya karena mental block ini.

 

Contoh mental block yang paling kasat mata, anda pasti pernah dong melihat gajah entah itu gajah sirkus atau di kebun binatang? Nah coba perhatikan, seringkali gajah di ikat dengan tali tambang plastik atau rantai dan di kaitkan dengan paku atau besi yang tertancap di tanah. Sebenarnya dengan tubuh dan tenaga yang sangat besar, gajah bisa saja menarik besi yang tertancap tersebut. Tapi kenyataannya, ia tidak melakukannya.. Ia hanya pasrah. Itu terjadi karena memang si gajah diajari untuk tidak bisa lepas dari tiang pancang itu.. Sejak kecil ia sudah biasa di belenggu dengan rantai dan paku yang tertancap. Hasilnya adalah seekor gajah yang yakin dirinya tidak mungkin bisa lepas dari rantai dan paku tersebut,

Kalau pada manusia mental block dalam bentuk pemikiran negatif, misalnya ucapan dari orang di sekeliling yang mengatakan kita sulit sukses jika kita tidak lahir dari keluarga orang kaya. Kalimat-kalimat seperti ini jika terus menerus kita terima, secara bawah sadar akan terprogram hal itu benar dan kita pun meyakini bahwa kita memang tidak akan sukses
Bahaya bagi yang kena penyakit mental block akan membuat dirinya mengalami suatu keadaan yang sesungguhnya dia tidak inginkan. Namun, karena dia sendiri yang tidak mau untuk melepaskan dan menghancurkannya, maka akibatnya adalah diri sendiri dan orang sekitarnya akan ikut merasakan dampaknya.

Seperti layaknya orang yang sakit gigi. kebanyakan mereka sudah takut ke dokter gigi sebelum sampai ke dokter gigi 

Lalu apa yang menyebabkan demikian?

Segala hal yang berasal dari pikiran yang menghalangi kita untuk dapat melakukan sesuatu kita sebut sebagai mental block.

1. Ingin mencari jawaban yang “benar” Terjebak dalam mencari jawaban yang benar dapat membuat orang tidak mau bertindak.

2. Berulang kali mngalami kegagalan

Akibatnya anda jadi malas, putus asa, mudah menyerah, tidak berani mengambil tantangan atau resiko, penuh dengan ketakutan yang tidak beralasan dll, dan hasil akhirnya tidak mampu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Padahal semua batasan itu yang diciptakan adalah fatamorgana dan menyulitkan dirinya sendiri. Akibatnya setiap berusaha untuk melewatinya, selalu dihadapkan kegagalan setiap tindakannya.

3. Aturan.kita sering terjebak dalam aturan dan tradisi, hal ini mengurangi kreativitas

4.Itukan bukan urusan ku

Itu yang sering kita dengar sebagai alasan orang untuk tidak bertindak, hal ini juga dapat membuat orang menjadi tidak kreatif.

5.Saya belum siap!

Lagi-lagi alasan yang sering terdengar ditelinga kita, kurang modal, kurang ilmu, kurang skill, kurang persiapan, kurang rapi, kurang ganteng, kurang cantik, kurang apapun itu yang jika kita lanjutkan bisa bertahun-tahun gak habis-habis.

Mulai dari sekarang, coba deh renungkan dan temukan, mental block apa yang kamu gendong terus dan terus dalam diri kamu ? kalau sudah ketemu…lepaskan dan buang !!

 

Bagaimana menghancurkan mental block :

  1. Tinggalkan pergaulan dan lingkungan yang memberikan energi negatif, carilah lingkungan dan teman baru yang memiliki aura positif dan semangat
  2. Kembangkan sikap pemikiran terbuka, jauhi sinis dan dengki. Banyak belajar dari orang yang sudah sukses adalah salah satu cara paling mudah untuk menghancurkan mental block
  3. Tinggalkan beban masa lalu, karena seringkali ucapan yang pernah di dengar dan kejadian di masa lalu menjadi beban seseorang dalam meraih impiannya.

Praktek menghancurkan mental block :

Bagi yang sudah pernah belajar hipnosis pasti mudah untuk praktek, tapi bagi yang belum pernah belajar hipnosis coba ikuti saja cara sederhana ini.

  1. Pastikan diri anda rileks, usahakan dalam 15 menit atau sekitar setengah jam tidak ada gangguan apapun (entah itu tv, handphone atau suara lain) kalau perlu kunci pintu kamar saat akan praktek
  2. Ucapkan bismillah, lalu tuliskan cita-cita yang akan di capai dengan pulpen dan kertas.
  3. Biasanya waktu menulis akan muncul bisikan-bisikan penolakan (itu adalah mental block) saat kita sedang menulis impian si mental block akan mengurai sejarah masa lalu kita, ucapan orang atau pendapat orang tentang impian kita. Bahwa impian itu tidak mungkin terjadi. Saat itu keraguan dan ketakutan akan langsung berkecamuk di hati kita
  4. Masih rileks, coba tulis juga satu per satu semua ganjalan, penolakan, ketidak percayaan tersebut, begitu juga dengan halangan dan apapun perasaan negatif yang tengah anda pikirkan berkaitan dengan cita-cita baru anda. TIDAK PERLU dilawan, cukup rileks dan layani protes dari sang kritikus. Kalau kita melawan, biasanya dia akan langsung diam. Tapi dia akan mengerahkan kemampuan pasukan bawah sadarnya untuk memboikot semua usaha anda.
  5. Setelah puas dan selesai menuliskan semuanya, baca lagi dan coba pecahkan pertanyaan-pertanyaan itu. Anggap saja anda sedang negosiasi dengan tim anda.
  6. Jika ada penolakan lagi,segera untuk jawab lagi. Jika sudah lihai, anda sudah tidak butuh kertas lagi nantinya

Selamat mencoba ya

 

Salam

 

Irma Sustika

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *