Tidak Suka Jualan ? Ini Jurusnya..

Salah satu hambatan meraih kesuksesan dalam berbisnis adalah kemampuan menjual yang lemah.

Lebih parah lagi, ada juga yang mengakui bahwa dirinya tidak suka jika harus menawarkan barang secara langsung. Padahal kemampuan menjual dan menceritakan keunggulan produk berperan vital dalam memajukan bisnis.

Geoffrey James penulis kolom di situs Inc.com mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan banyak orang tidak suka kata “sales” atau berjualan. Anggapan bahwa sales adalah manipulatif, mengganggu dan membosankan telah menjadi perangkap dalam pikiran sehingga mereka menghindari proses ini.

Manipulatif karena sering melebih-lebihkan keunggulan produk, mengganggu karena sering menghubungi orang pada saat yang tidak tepat, dan membosankan karena sering mendapat jawaban, “Nanti saya hubungi lagi,’ sehingga harus menunggu dan menunggu. Jika ketiga anggapan ini masih tersimpan kuat di benak Anda, masih ada cara untuk mengubahnya. Caranya dengan mengubah persepi menjadi:

Sesungguhnya menjual adalah membantu orang lain. Jika Anda menyadari bahwa Anda hanya menjual produk kepada orang yang membutuhkan, maka Anda akan fokus pada satu hal: membantu orang lain mengatasi masalahnya. Pada kebanyakan kasus, menjual juga berarti membuat orang lain bahagia melalui produk yang kita miliki. Apakah hal itu manipulatif?

Menjual juga merupakan aktivitas sosial.┬áJika Anda memutuskan tidak ingin meganggu orang lain – dalam hal ini pelanggan prospektif Anda – Anda dapat menganggap bahwa proses berjualan juga merupakan proses mendapat kenalan baru dan berbicara tentang hal yang menarik bagi Anda dan mereka. Menyenangkan bagi Anda dan orang lain, kan?

Menjual juga merupakan aktivitas belajar. Jika Anda memutuskan untuk belajar dari berbagai hal yang terjadi dalam proses menjual, maka hal ini akan menjadi semakin menarik. Galilah pelajaran dari banyak pengalaman Anda dan orang lain, sehingga menjual tidak pernah membosankan bagi Anda.

Nah, jika Anda dapat mengalahkan persepsi lama dengan tiga jurus baru ini, maka bisnis Anda bisa lebih pesat.

Selamat mencoba yaaa

Happy Selling

Irma Sustika

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *