Yakinkan Konsumen Dengan Personal Branding Anda

personal branding irma sustika.comBagi seorang pelaku usaha, membangun sebuah reputasi dan menjaga nama baik tentunya menjadi salah satu kewajiban utama mereka untuk mendukung kelancaran pemasaran bisnisnya. Melalui strategi personal branding, seorang pelaku usahadapat membangun citra (image) dan identitas diri tertentu untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki persepsi dan pandangan yang positif  terhadap karakter, kepribadian, kemampuan, penampilan, maupun penawaran yang disampaikan.

Apabila brand image yang dimiliki pelaku usaha sudah cukup kuat, maka konsumen pun akan lebih percaya dengan kemampuan bisnis yang dijalankannya dan tidak ragu lagi untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Karena itu, untuk membantu Anda meyakinkan para konsumen. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding dari sekarang.

Mulailah dengan menonjolkan kelebihan yang Anda miliki
Untuk memancing rasa penasaran para pelanggan, tentunya Anda harus menonjolkan kelebihan dan kekuatan yang Anda miliki. Jadilah orang yang ahli di suatu bidang yang benar-benar Anda minati, dan yakinkan para pelanggan Anda bahwa nilai lebih yang tersimpan dalam diri Anda tidak dimiliki oleh orang lain di sekitar Anda. Kenali minat, bakat, keahlian, kemampuan, serta keunggulan Anda dari sekarang, dan teruslah mengasahnya untuk memperkuat personal branding yang sedang Anda rintis. Misalnya saja seperti kesuksesan Hermawan Kartajaya yang berhasil membangun personal branding dengan baik, sehingga sekarang ini dinobatkan sebagai pakar pemasaran di kancah internasional dan menjadi  salah satu 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing.

Selalu aktif mempromosikan diri Anda.
Selain membangun kekuatan untuk menonjolkan nilai lebih yang Anda miliki, strategi berikutnya yang bisa dijalankan yaitu selalu aktif dalam mempromosikan diri Anda. Contohnya saja dengan rutin membuat artikel di blog perusahaan Anda, mengisi kolom konsultasi di majalah bisnis dan lain sebagainya, membuat buku mengenai keahlian yang Anda miliki, mempromosikan kemampuan Anda melalui sosial media, mulai aktif menjadi nara sumber di berbagai macam kegiatan seminar maupun workshop, perluas jaringan anda  baik secara online maupun offline, memanfaatkan tanda pengenal seperti , kartu nama, papan nama, foto dan lain sebagainya agar orang-orang di sekitar Anda mulai familiar dengan figur Anda.

Ciptakan sesuatu yang berbeda
Sesuatu yang unik tentunya akan lebih mudah diingat oleh setiap orang. Karena itu, ciptakan ciri khas tertentu atau sebuah keunikan baru yang membedakan diri Anda dengan orang lain maupun para kompetitor Anda. Hal ini penting, sebab sesuatu yang berbeda pastinya akan menarik perhatian konsumen sehingga mereka tidak sungkan-sungkan untuk mencari banyak informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan maupun produk dan jasa yang Anda tawarkan. Contoh sederhana bisa Anda lihat dari kepopuleran istilah “Salam Super” yang sengaja digunakan Mario Teguh untuk memperkuat personal branding yang Ia bangun.

Tingkatkan kualitas bukan hanya memikirkan keuntungan
Untuk bisa mengambil hati para konsumen, yang terpenting adalah menjaga kualitas dan berusaha meningkatkan pengetahuan serta kemampuan Anda untuk memenuhi permintaan para konsumen. Hal ini perlu diperhatikan agar kepercayaan konsumen semakin terjaga dan tidak menganggap Anda sebagai seorang pelaku usaha yang bekerja secara profesional hanya berdasarkan besarnya keuntungan yang dijanjikan (money oriented).

Setelah membahas pentingnya membangun personal branding untuk meyakinkan para konsumen, kini giliran Anda untuk mempraktekannya dalam dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *